french fries
french fries

Resep Kentang Goreng ala KFC, lembut dan renyah!

Posted on

Hello Foodizen! Welcome back to Bongkar Resep! Siapa disini yang kalau bikin kentang suka melempem? tenang, mimin juga awalnya seperti itu kok! Oleh karena itu, kali ini mimin mau bongkar resep kentang goreng anti melempem, renyah dan sedaaap ala french fries KFC nih! Yuk langsung aja diikuti langkah-langkah pembuatannya!

Jumlah Porsi : 6 porsi

Bahan :

  • 1. Kentang 1 kg
    2. Garam 2 sdm
    3. Bawang putih bubuk 2 sdt
    4. Bawang bombay bubuk 2 sdt
    5. Maizena 100 gram
    7. Parsley kering secukupnya

Bahan Pelengkap :

  •  Bumbu bubuk kentang goreng
  • Dried parsley
  • Saus sambal, tomat, mayonaise

Cara Membuat :

  • 1. Kupas kentang, lalu iris dengan potongan standard-cut fries(memanjang) lalu rendam kentang kedalam wadah agar tidak menghitam.
    2. Setelah semua kentang selesai dikupas dan dipotong, buang air rendaman lalu isi kembali dengan air bersih. Tambahkan 2 sdm garam, 1 sdt bawang putih bubuk dan 1 sdt bawang bombay bubuk. Rendam selama 30 menit. Angkat, tiriskan.
    3. Siapkan panci berisi air, kemudian rebus kentang yang sudah direndam hingga 1/2 matang atau sekitar 5 menit setelah air mendidih. Tambahkan kembali 1 sdt bawang putih bubuk dan 1 sdt bawang bombay bubuk. Angkat, tiriskan.
    4. Siapkan wadah datar, simpan kentang sejajar lalu taburkan maizena hingga merata. Jangan terlalu tebal maupun terlalu tipis.
    5. Panaskan minyak, goreng kentang hingga membentuk tekstur kulit yang padat namun jangan terlalu matang. Angkat tiriskan. (Jika ingin menyimpan stock frozen kentang, pada bagian ini kentang sudah bisa difrozenkan lalu digoreng saat diinginkan.)
    6. Selanjutnya setelah kentang ditiriskan, goreng kembali kentang agar mendapatkan tekstur yang renyah dan crunchy. Angkat dan tiriskan.
    7. Taburkan bumbu kentang goreng dan bubuk parsley lalu ratakan. Sajikan kentang goreng bersama cocolan saus sambal, tomat dan mayonaise! Selamat menikmati!

Tips :

  • 1. Gunakan api sedang saat menggoreng kentang karena jika api terlalu kecil akan membuat kentang menjadi alot dan jika terlalu besar maka akan cepat gosong diluar dan mentah didalam. Pastikan minyak sudah panas saat kentang hendak digoreng.
  • Fungsi dari perendaman kentang dengan air garam untuk membuat kentang menjadi berpori-pori yang membuat tekstur kentang semi kopong dan lembut didalam serta renyah diluar
  • Gunakan sense of cookingmu karena ilmu memasak tidaklah baku dan dapat dikembangkan sesuai seleramu

Bagaimana foodizen, mudah bukan cara membuatnya? Resep ini dibuat berdasarkan pengalaman mimin secara langsung ya dan sudah diuji coba rasanya. Yuk sharing pengalaman memasak kamu setelah mencoba resep ini, kamu juga bisa berbagi saran dan masukan dikolom komentar ya! mau bongkar resep apa lagi nih? komen dibawah ya!

Lihat juga: Resep Kentang Wedges ala Pizza Hut, Bikin Nagih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *