ketupat
ketupat

Cara Membuat Ketupat Agar Tahan Lama, Edisi Lebaran!

Posted on

Helo Foodizen! kali ini mimin mau share cara membuat ketupat agar tahan lama. Ternyata cara membuatnya mudah loh! Yuk disimak tahapan dan tips-tipsnya!

Bahan Ketupat :

  • 1 kg beras pulen
  • Air putih secukupnya
  • Daun pandan 2 helai
  • Anyaman ketupat

Cara Membuat Ketupat Agar Tahan Lama :

  1. Cucilah beras dengan air yang mengalir.
  2. Rendam beras dalam wadah yang sudah diisi air baru selama 30 menit.
  3. Buang air bekas beras dan tiriskan beberapa menit.
  4. Masukkan beras  yang sudah ditiriskan ke dalam anyaman ketupat 50-60% dari volume ketupat.
  5. Rebus air dengan daun pandan hingga mendidih lalu masukkan ketupat yang sudah diisi beras.
  6. Pastikan seluruh badan ketupat terendam air.
  7. Rebuslah ketupat selama 1,5-2 jam menggunakan presto atau 3-4 jam menggunakan panci biasa tertutup.
  8. Angkat dengan hati – hati dan letakkan di wadah lain.
  9. Diamkan beberapa saat dan ketupat siap dihidangkan.

Tips Agar Ketupat Tahan Lama :

  1. Pilih anyaman yang berwarna hijau cerah. Anyaman yang berwarna hijau cerah menandakan daun tersebut berasal dari daun kelapa yang masih muda. Daun yang masih muda dan segar tidak mudah rusak dan patah ketika direbus bersama beras. Jadi ketupat yang dihasilkan akan lebih enak, empuk dan tahan lama.
  2. Jika menggunakan beras pulen, sebaiknya ketupat diisi 2/3 bagian, karena beras pulen akan mengembang dengan sempurna.
  3. Jangan memasukan ketupat dalam jumlah terlalu banyak dalam panci, masukkan ketupat dengan jumlah sebanyak setengah dari volume air. Jika jumlah ketupat lebih banyak dibandingkan volume air maka ketupat akan berakhir gosong.
  4. Ketika ingin memasukkan beras ke dalam selonsong ketupat, usahakan tidak terkena tangan.
  5. Jika menggunakan panci biasa, pilihlah panci yang lebih besar. Agar ketupat yang yang dimasak dapat matang dengan sempurna. Jika air di dalam panci mulai menyusut, sebaiknya tambahkan lagi air mendidih agar suhunya lebih stabil.
  6. Menyimpan ketupat sebaiknya dilakukan dengan menggantungnya. Ini akan membantu proses pengeringan ketupat dari air yang tersisa akibat proses memasak. Dengan berkurangnya air, maka ketupat akan lebih kering dan tidak mudah basi serta berlendir.
  7. Simpan di tempat yang kering dan hindarkan dari tempat yang lembap. Hindari langsung menutup ketupat dengan tudung saji karena hal ini hanya akan membuat ketupat jadi mudah berjamur dan basi.
  8. Menghangatkan kembali ketupat bukan dengan direbus melainkan dikukus. Gunakan dandang atau kukusan untuk memanaskan kembali ketupat. Ini juga akan menjaga aroma ketupat.
  9. Jika ketupat yang kamu buat berlebih, sebaiknya simpan ketupat ke dalam kulkas dengan membungkusnya dengan plastik terlebih dahulu agar tidak cepat kering karena suhu dingin. Ketupat dapat dikukus (bukan direbus) untuk menghangatkan kembali. Ketupat yang masih utuh akan tetap empuk dan lebih tahan lama dibandingkan ketupat yang telah dipotong.

Lihat juga : Resep Rendang Daging Sapi Spesial Lebaran, Empuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *